countdown timer

  • Ilustraza Peduli Bencana Merah Putihku Indonesia [Mentawai&Merapi] (untuk itu kami membuka Dompet Peduli Bencana Alam. gelombang pertama 28 Oktober - 2 November 2010 gelombang kedua 3 - 8 November 2010

Tuesday, June 16, 2009

Ujian Akhir Sekolah Lulusan Angkatan 2009

Kemaren pagi... pastinya adalah saat-saat menegangkan bagi adek2 angkatan 2009.
Bagaimana tidak?? Hari senin (17 juni 2009) kemaren adalah HARI PENGUMUMAN KELULUSAN untuk angkatan 2009.
Tentu saja semua datang dengan harapan berita baik yang akan didengar, meski dalam hati was-was tak mampu dipungkiri...
Dan petir itu pun menyambar!
Bukan kali pertama....
Tahun lalu, petir itu pun mampir ke angkatan 2008
Namun kali ini..., tahun ini...
Petir itu menyambar jauh lebih keras! Menghantam setiap hati yang berharap besar.

Enam orang siswa..., dinyatakan tidak lulus!

Semua pasti berharap itu hanya sebuah mimpi buruk, sehingga begitu bangun, segalanya akan kembali normal. Tapi ini sungguh sebuah kenyataan, yg tak bisa dihindari.

Sebuah keprihatinan besar!

Saat mengetahui berita itu dari salah seorang adik kelas yg juga tetangga, Mita benar-benar kaget!! Pasalnya, bukan hanya banyaknya jumlah siswa yg tidak lulus. Tetapi..., beberapa dari siwa yg tidak lulus tersebut adalah orang-orang yg Mita kenal.

Seketika bayangan tentang suasana penguman kelulusan tahun lalu, 2008. Kala itu sehari sebelum pengumuman telah ada desas-desus seorang teman tak meraih kesempatannya lulus tahun lalu. Dan yang paling mengejutkan, seorang teman yg tak lulus itu adalah pribadi yang dikenal rajin dan amanah. Bahkan guru-guru pun tak percaya bahwa teman itu dinyatakan tidak lulus. Kala itu, seakan semua kebahagiaan tak mampu diungkapakan karena tertutup pilu dan haru.

Dan tahun ini.., kejadian pilu itu harus terulang kembali.

Apakah ini menjadi sebuah tamparan keras bagi almamater Taruna, khususnya SMA??

Miris rasanya, ketika tadi pagi Mita sengaja mencari-cari berita tentang kelulusan di kabupaten dan kota probolinggo. Beberapa sekolah yang setara atau bahkan di dulunya atau masih berada di bawah standar Taruna malah lulus 100%.
Rasanya di dalam dada ada gemuruh besar! Hey! Apa yang salah dengan Taruna??

Smua ini menjadi cobaan bertubi-tubi.
Seiring dengan semakin banyaknya guru-guru Taruna yg memilih untuk berkarier dalam status pegawai negeri, kemudian... datanglah berita mencengangkan ini! 6 siswa dinyatakan tidak lulus tahun ini.
Apakah semua ini saling berkaitan??

Menurut salah satu guru biologi SMA Taruna Dra. Zulaeha, ibu Jamilah, banyak faktor yg melatarbelakangi ketidaklulusan siswa.
Ya, tentu saja itu benar.
Yang pertama, mungkin adalah kelalaian siswa sendiri.
Bisa jadi..., karena semakin banyak guru-guru yang telah dipercaya untuk membimbing siswa dengan baik memilih untuk menjadi pegawai negeri.
Dan tentu saja..., faktor yg menentukan adalah faktor-X dari Tuhan.

Pemerintah memang telah menawarkan solusi melalui ujian kejar (kelompok belajar) Paket C. Meskipun pemerintah mengatakan Paket C setara dengan lulusan SMA, tapi dalam kenyataannya diskriminasi terhadap lulusan paket C sangat jelas. Belum lagi anggapan masyarakat yg buruk tentang Paket C. Tentu saja itu akan menjadikan beban tersendiri bagi adik-adik kita. Akhirnya ujian ini dijadikan sebagai sebuah keterpaksaan dalam keterhimpitan. Dari pada mengulang 1 tahun??

Tapi...
Di setiap kepedihan, pasti masih ada sedikit nyala.
Sungguh syukur patut kita ucapkan, karena SMA kita meraih NUN tertinggi se kabupaten Probolinggo, atas nama Rivano. Setidaknya.., ini menjadi sedikit penawar di antara kepedihan dan keprihatinan yang dalam....

Dan satu hal lagi...
Kita semua patut berbangga, karena kita adalah orang-orang terpilih yg pernah mengenyam pendidikan di sekolah Taruna Dra. Zulaeha kita tercinta.
Sungguh banyak...,masih banyak hal yg patut mendapat acungan jempol..
Ketika sekolah-sekolah lain banyak yg merayakan dengan mencorat-coret seragam, atau berkonvoi ria di jalanan...kita..., para anak didik Taruna... tetap menjaga ketertiban dan tidak berlebihan.
Terutama..., karena kita adalah alumni2 yg benar menunjukkan seorang pelajar.
Kejujuran kita..., masih lebih terjaga...
Tingkah laku baik kita..., masih lebih terpelihara...
Dan yang terpenting..,solidaritas kita.... masih KUAT TERJALIN!


Tetap berjuang ya adik-adikku....!!
Semua ini bukanlah akhir dunia...., karna orang-orang sukses bahkan adalah orang-orang yg gagal dalam pendidikannya. Tidak lulus sekolah, atau bahkan Drop Out. Asalkan kita semua mau berjuang, dan pantang menyerah. Selalu ingatlah..., bahwa Tuhan akan melihat kesungguhan hamba-Nya.
Doa dari kami..., para alumni....

0 komentar:

Kirim Pesan untuk Alumni Tersayang



nb:cek [older messages] di menu "Kirim Pesan untuk Alumni Tersayang" untuk menemukan pesan dari teman anda.
 

ganesha alfian pranayoga | paramita tri ratna